2 Cara Memperbaiki Microsoft Visual C++ Runtime Error!

Permasalahan Microsoft visual C++ Runtime Error seringkali Anda jumpai saat melakukan perjalanan program. Meski begitu, Anda tak perlu mengkhawatirkannya, sebab ada dua cara memperbaiki Microsoft visual C++ Runtime Error yang dapat Anda lakukan.

Tak hanya cara memperbaikinya, kami akan menjabarkan terkait Visual C++ hingga penyebab Runtime Error.

Apa Itu Microsoft Visual C++? Bagaimana Fungsinya

Visual C++ merupakan  produk dari Integrated Development Environment yang digunakan dalam bahasa pemrograman C dan C++ yang merupakan pengembangan Microsoft.  Selain itu, Visual C++ sendiri merupakan paket microsoft visual studio.

Selain itu, Visual C++ ini termasuk bahasa pemrograman yang paling populer, lho. jadi tak heran jika Anda menemukan banyak visual C++.

Visual C++ yang tidak perlu membutuhkan banyak memori menyebabkan jenis visual satu ini mampu berjalan dengan cepat pada windows. Sehingga bisa dikatakan bahwa Microsoft Visual C++ ini lebih unggul dibandingkan dengan Microsoft Visual Basic. Di mana visual C++ ini lebih dipilih untuk pemrograman dalam membuat aplikasi desktop ataupun antivirus.

Mengenai soal fungsi dari Microsoft visual C++ Runtime ialah Microsoft yang digunakan untuk menciptakan aplikasi window dengan bahasa pemrograman.

Program ini akan memberikan pengembangan terkait aplikasi tunggal di mana mereka menulis, mengedit, menguji atau bahkan melakukan debug pada kode yang mereka miliki.

Kegunaan dari menggunakan Microsoft visual C++ yakni dapat mendukung perjalanannya aplikasi yang ditingkatkan dengan Microsoft visual C++.

Seperti yang kita ketahui bahwa Microsoft Visual C++ ini merupakan bagian dari paket Microsoft Visual Studio, yang mana Microsoft Visual Studio ini memiliki kegunaaan sebagai berikut:

  • Pembuatan program aplikasi dengan basis windows
  • Membuat objek-objek membantu program seperti kontrol active X, file help, hingga fitur-fitur lainnya.
  • Berguna dalam pengujian program atau debugging serta sebagai penghasil program berakhiran exe yang dapat dijalankan secara langsung.

Meski begitu, tak jarang kita menemukan permasalahan Runtime Error. Lalu, apa dan bagaimana penyebab dari permasalahan Runtime Error ini? berikut ini penjelasannya.

Cari Tahu 4 Penyebab Runtime Error

Cari tahu dahulu bagaimana faktor yang menyebabkan Microsoft Visual C++ Error sebelum menemukan cara memperbaiki Microsoft visual C++ Runtime Error dengan menyimak uraian berikut ini dengan baik.

1.    Kebocoran Memori

Penyebab pertama kenapa masalah Runtime Error Microsoft visual C++ terjadi ialah kebocoran memory. Penyebab satu ini terbilang cukup umum. Hal ini terjadi pada saat pemrograman salah melakukan kelola alokasi memori seperti halnya konsumsi RAM dengan lebih banyak tanpa membebaskan.

Tak hanya itu, masalah kebocoran memori ini dapat terjadi karena kode yang berjalan tidak bisa melakukan akses objek yang disimpan pada memori.

2.    Permasalahan Pemrograman

Permasalahan lainnya yang menyebabkan run time error adalah kesalahan pemrograman. Ketika permasalahan Runtime Anda temukan pada proses debugging , sehingga pengembangpun dapat melakukan perbaikan sebelum diliris.

Berbeda ketika ada masalah bug tertinggal pada software karena permasalahan ini yang menyebabkan error runtime, maka Anda hanya bisa mengatasinya dengan me-download patch update dari website pengembangnya.

3.    Instalasi yang Tidak Lengkap

Penyebab permasalahan runtime selanjutnya adalah karena masalah instalasi yang tidak lengkap lengkap. Permasalahan dalam melakukan installer program yang berhenti secara tiba-tiba yang disebabkan berbagai permasalahan ini dapat membuat permasalahan Runtime Error pada system perangkat Anda.

Maka dari itu pastikan instalasi program lengkap, ya.

4.    Registrasi yang Rusak

Permasalahan selanjutnya yang dapat menyebabkan Runtime Error ialah registrasi yang rusak atau korup.

Hal ini karena registrasi yang rusak dapat menyebabkan ketidakfungsian pemrograman, sehingga Runtime Error muncul.

Penyebab registrasi rusak ini berasal dari berbagai permasalahan, seperti perubahan secara manual yang Anda lakukan pada registrasi. Hal inilah yang mengharuskan Anda berhati-hati dalam melakukan edit registrasi.

Nah itulah beberapa penyebab permasalahan Runtime Error pada visual C++ Runtime Error. Dengan mengetahui beberapa penyebab di atas, Anda bisa mencegah permasalahan tersebut dengan baik.

Akan tetapi, jika hal itu terjadi, Anda bisa melakukan 2 metode cara untuk mengatasi permasalahan tersebut.

2 Metode Cara Memperbaiki Microsoft Visual C++ Runtime Error

Ketika Anda menemukan notif Runtime Error pada Microsoft visual C++ Anda bisa melakukan 2 metode untuk mengatasi permasalahan tersebut. Bagaimana penjelasan terkait kedua metode tersebut?

1.    Perbaiki Manual Sistem Operasi Window

Metode pertama dalam memperbaiki Runtime Error pada Microsoft visual C++ Anda dapat memperbaikinya dengan cara manual di antara langkah-langkah ialah:

  • langkah pertama yang harus Anda lakukan dalam memperbaiki sistem operasi ini Anda tinggal klik start lalu klik run.
  • Langkah kedua Anda bisa mengetik MSCONFIG pada kolom dialog Run dan menekan enter sehingga menu system configuration utility dapat terbuka.
  • Langkah-langkah selanjutnya Anda bisa membuka tab services dan mengklik kolom centang pada ‘Hide All Microsoft Services, selanjutnya klik opsi Disable all jika tombol tersebut aktif.
  • Langkah terakhir adalah Anda bisa langsung melakukan restart terhadap komputer Anda.

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, biasanya masalah runtime dapat teratasi dengan baik sehingga tidak akan lagi muncul notif Microsoft visual error pada komputer Anda.

Akan tetapi, jika metode perbaikan manual ini tidak berhasil untuk Anda lakukan, maka Anda bisa melakukan cara lain yakni dengan menghapus Visual C++ yang lama kemudian Anda bisa menginstal ulang Microsoft Visual C++nya.

Dalam melakukan penghapusan Microsoft Visual C++ Anda bisa pergi ke laman Control panel lalu klik microsoftC++ dan terakhir klik Uninstall dan selanjutnya lakukan cara di bawah ini.

2.    Instal Ulang Microsoft Visual C++

Metode kedua yang dapat Anda lakukan adalah dengan menginstal ulang Microsoft visual C++ dalam menginstal ulang Microsoft Visual C++ ini dapat Anda lakukan dengan beberapa langkah diantaranya:

  • Temukan Microsoft Visual C++ pada internet, sebaiknya Anda bisa menginstal Microsoft Visual C++ dengan versi terbaru sehingga dapat bertahan dengan lebih lama dan tidak tertinggal waktu.
  • Setelah Anda berhasil menemukan Microsoft Visual C++, Anda bisa langsung mendownloadnya dengan menekan tombol download pada sekitarnya.
  • Selanjutnya Anda bisa mengklik file dengan dua kali klik maka selanjutnya Anda bisa mengikuti instruksi dalam melakukan installation wizard .
  • Setelah Anda melakukan proses instalasi selesai selanjutnya klik restart pada komputer Anda. selanjutnya Anda bisa menguji aplikasi yang mengalami error microsoft visual C++.
  • Jika error lakukan cara pertama begitupun seterusnya hingga tidak ada lagi masalah error visual C++

Nah itulah cara-cara yang dapat Anda lakukan dalam cara memperbaiki microsoft visual C++ Runtime Error. Dua metode cara tersebut yang cukup mudah untuk Anda lakukan bukan?

Dengan mengetahui cara perbaikan di atas, Anda bisa mengatasi permasalahan tersebut dengan lebih baik lagi. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.