7 Cara Mengatasi Gambar Yang Tidak Muncul Di Web Mudah Dilakukan

Membuat website yang dapat menarik perhatian banyak orang adalah hal yang penting untuk dilakukan. Anda dapat menggunakan langkah mudah untuk membuat banyak orang membuka website yang dimiliki. Penting halnya untuk mengunggah foto sehingga konten menjadi lebih menarik. Namun, tidak muncul?  Gunakan cara mengatasi gambar yang tidak muncul di web.

Bagaimana caranya?  Ada beberapa langkah mudah yang sebenarnya dapat Anda gunakan untuk memunculkan gambar dari website.  Tenang saja, langkah mudah yang dapat dilakukan jauh lebih dulu adalah mengetahui berbagai penyebab yang ada. Tersedia berbagai macam langkah yang dapat dilakukan setelah tahu penyebabnya sendiri. Yuk,  cek dengan mudah di artikel ini.

6 Penyebab Gambar Tidak Muncul

Ada berbagai macam penyebab dari gambar yang tidak muncul dalam situs. Anda dapat menggunakan langkah mudah dengan berbagai informasi terkait penyebabnya sendiri. Ini daftar penyebab yang perlu Anda ketahui jauh lebih dulu.

1.    Kesalahan nama folder

Penyebab pertama yang harus Anda ketahui dan menjadi kesalahan yang paling umum adalah penamaan folder sendiri. Banyak orang yang membuat nama yang salah dalam kode HTML. Kesalahan yang Anda buat ini memang terlihat sederhana. Sayangnya, memberikan efek yang fatal dalam membuat gambar tidak dapat muncul.

Dengan memasukkan nama yang salah dalam kode HTML, server tidak akan dapat menemukan gambar yang sesuai. Jadi, gambar yang Anda minta dalam kode untuk ditampilkan juga tidak akan muncul. Ini adalah salah satu penyebab yang umum dilakukan oleh banyak orang.

2.    Kesalahan menulis nama file gambar

Penyebab dalam cara mengatasi gambar yang tidak muncul di web selanjutnya adalah kesalahan dalam penulisan nama pada file gambar. Jadi, tidak hanya pengecekan pada nama folder saja yang penting untuk dilakukan. Penting juga halnya untuk mengetahui bahwa penting babnya adalah penulisan nama file gambar yang salah juga.

3.    Kesalahan menulis ekstensi file gambar

Jika nama file sendiri sudah dapat menyebabkan kegagalan dalam memunculkan data. Maka, Anda juga harus tahu kalau ekstensi file juga mempunyai peran yang besar. Perbedaan dalam menulis ekstensi dalam kode HTML juga dapat menyebabkan Anda kesulitan. Misalnya, Anda menggunakan gambar dalam halaman web adalah PNG tetapi salah kode dengan “.jpg”.

Penulisan pada kode seperti itu sudah menyebabkan masalah yang fatal. Penggunaan huruf kapital dan kecil dalam nama file juga menjadi hal penting. Banyak yang lebih mudah dengan menggunakan huruf kecil dalam membuat nama file.  Jadi, tidak perlu mengecek lagi dalam membuat file HTML.

4.    File Gambar Error

Adanya penyebab lain yang merusak gambar Anda dalam unggahan foto di website adalah kesalahan pada file gambar. Hal ini dapat terjadi karena file yang Anda buat error. Ada cara atasi sendiri yang dapat Anda gunakan dalam mengatasi file yang rusak ini.

5.    Error pada database

Cara mengatasi gambar yang tidak muncul di website adalah dengan mengetahui penyebab lainnya. Kerusakan dapat terjadi karena adanya error pada database yang ada. Semua database adalah tempat untuk menyimpan berbagai macam informasi. Begitu juga halnya dengan gambar yang ada di dalam website sendiri. Error pada tempat penyimpanan juga merusak gambar.

Biasanya error yang ada pada database ini juga disebabkan banyak hal. Salah satunya adalah CMS menggunakan login database yang tidak sama. Padahal, CMS perlu menggunakan database yang diatur dalam panel kontrol hosting sendiri.

6.    Masalah loading website

Kesalahan yang umum terjadi dan merupakan penyebab gambar tidak muncul adalah proses loading website. Hal ini merupakan salah satu bagian dari server down.  Jika server gagal mengirimkan file sesuai dengan permintaan dari browser. Maka, gambar juga tidak akan muncul.

Cara Mengatasi Gambar Yang Tidak Muncul Di Web Mudah

Untuk masalah dalam gambar yang kesulitan muncul dalam website.  Maka, Anda harus mengetahui langkah yang tepat untuk dilakukan. Ada beberapa cara mudah yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi hal ini. Anda dapat mengikuti langkah berikut ini dalam mengatasi masalah gambar.

Perhatikan penulisan kode

Cara mengatasi gambar yang tidak muncul di web adalah memperhatikan penulisan kode yang sesuai. Anda dapat menggunakan langkah mudah dengan mengecek penulisan kode dan tag HTML.  Misalnya, ada beberapa kesalahan dalam bagian kurang huruf atau juga salah huruf. Beberapa orang juga melakukan kesalahan dalam kurangnya penutup tag.

Begitu juga halnya dengan menulis CSS, Anda harus melihat kode yang ada.  Cek pada bagian typo kemudian salah pemanggilan atribut dalam pembuatan programnya. Langkah selanjutnya yang harus Anda cek dalam penulisan adalah kurangnya titik koma. Kemudian,  kurang tutup kurawal dan kesalahan sebagainya.

Perhatikan penulisan nama file

Langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah memperhatikan penulisan nama file yang ada. Pastikan kalau penulisan nama file gambar atau juga ekstensi sesuai. Format atau juga tipe file gambar harus benar dalam pengetikkan HTML dan juga CSS.

Folder lokasi gambar

Anda dapat melakukan langkah selanjutnya untuk memperbaiki masalah yang terjadi. Cobalah untuk memperhatikan folder lokasi yang ada. Jika lokasi gambar dan folder sudah sesuai. Maka, Anda dapat menggunakan langkah lain dengan memperhatikan gambarnya juga. Jika semua data dan nama sudah sesuai. Maka, tidak akan ada error yang merusak gambar.

Upload kembali

Cara mengatasi gambar yang tidak muncul di web adalah mengunggah kembali folder yang ada. Solusi mudah yang dapat Anda lakukan jika ada file yang error adalah menghapus dahulu file tersebut. Anda dapat melakukan manajemen konten jauh lebih dulu. Jika semuanya sudah rapi, lanjutkan langkah dengan unggah kembali.

Muat ulang web

Langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah memuat ulang website yang ada. Biasanya, website adalah salah satu alasan besar dari gambar yang gagal muncul. Anda dapat menggunakan langkah mudah dengan menghubungi penyedia hosting untuk mengecek kesalahan yang ada.

Cek dalam permission file

Anda dapat menggunakan langkah lainnya dengan mengecek dalam permission file. Pastikan kalau Anda menggunakan nomor kode yang sesuai dalam permission.  Anda dapat menggunakan nomor 644 atau juga memakai nomor 755. Cobalah untuk membuka gambar tersebut secara langsung dalam browser dan pastikan kalau gambar sudah terbuka.

Periksa kembali script PHP

Tentunya, langkah selanjutnya yang dapat Anda manfaatkan adalah memeriksa kembali PHP yang digunakan. Anda dapat mengubah fungsi readlife() yang disable menjadi echo file_get_contents() sehingga jauh lebih aman.

Beberapa hal ini penting untuk Anda ketahui dalam cara mengatasi gambar yang tidak muncul di web.  Gunakan langkah sederhana untuk mengatasi beberapa kesalahan. Dengan begitu, tidak akan ada kegagalan dalam menampilkan gambar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.