Home » Berita Terbaru Seputar Teknologi, Otomotif Dan Investasi » Cara Non Aktif Copy Text Pada Website Paling Mudah dan Aman
Advertisements

Cara Non Aktif Copy Text Pada Website Paling Mudah dan Aman

admin January 20, 2022
Advertisements

Sudah menjadi hal yang wajar ketika pengunjung website melakukan copy text untuk kebutuhan mereka. Tidak akan jadi masalah jika pemilik website memperbolehkan copy paste pada konten mereka, namun tak jarang juga yang ingin melindungi hasil karya yang diabadikan di website. Pastinya dengan kebutuh tersebut, pemilik website mencari tahu cara non aktif copy text pada website paling mudah dan aman.

Tujuan non aktif copy text ini bukan berarti pemilik website pelit. Namun, ada beberapa hal yang biasanya menjadi data penting atau bersifat privasi. Itulah mengapa pengunjung akan dibatasi untuk copy text secara langsung.

Jika Anda pemilik website yang selama ini mencari cara tepat untuk menon aktifkan copy text maka disini akan disebutkan salah satu cara yang paling tepat. Penasaran? Baca tulisan ini sampai selesai untuk tahu jawabannya.

Cara Non Aktif Copy Text Pada Website Termudah

Bagi pemula cara ini mungkin sedikit rumit. Tapi, perlu diketahui jika menonaktifkan text pada website tidak sesulit yang dibayangkan. Berikut cara yang bisa Anda pakai untuk menonaktifkan  copy text pada website :

1.      Pengguna WordPress

  • Pilih opsi appearance
  • Selanjutnya pilih theme editor
  • Buka header.php.
  • Salin script yang akan dituliskan di penjelasan selanjutnya.

2.      Pengguna Blogger dan CMS Lain

  • Pastikan tahu template html
  • Cari bagian head
  • Salin script di bawah ini
  • Letakkan dimana saja sebelum adanya penutup tag </head>
  • Jika sudah simpan perubahan

Dari sema kode di atas, masing-masing memiliki fungsinya sendiri. Meski saat ini konten dalam website Anda sudah aman, tidak ada salahnya untuk membahas kembali satu persatu dari fungsi script di atas.

  • Kode Peringatan Untuk Mengaktifkan Javascript

Fungsi dari kode ini adalah membuat pengunjung secara paksaan mengaktifkan javascript pada browser. Tidak ada pilihan lain karena jika tidak diaktifkan maka halaman blog akan otomatis terblokir, kosong dan bersifat rahasia. Hanya ada peringatan yang tampil.

Mau tidak mau, jika pengunjung sangat butuh kontennya akan mengaktifkan javascript. Ketika javascript sudah aktif maka pengunjung tidak akan bisa melakukan klik kanan, dan fungsi text lain menyangkut copy text ikut mati.

  • Kode Mencegah Seleksi Teks, Blok Teks

Sudah sangat jelas, tanpa pengunjung yang memblok teks atau menyeleksi bagian teks maka isi konten dalam website tidak bisa di copy paste. Sebelum copy text biasanya pengunjung memblok bagian yang mereka butuhkan, disini fungsi blok tersebut tidak berfungsi.

  • Kode mematikan Klik Kanan Mouse

Dalam sebuah browser klik kanan memiliki fungsi negatif jika penggunanya adalah pencuri. Beberapa pilihan yang bisa diambil dari klik kanan adalah copy, print, view Page Source dan juga save as. Ini sangat memudahkan konten milik Anda dicuri.

  • Kode Untuk Mencegah Shortcut Keyboard

Masih sama seperti sebelumnya dimana ada beberapa shortcut yang harus diwaspadai seperti Ctrl + A untuk mengambil semua teks dan Ctrl + U yang menampilkan sumber halaman. Dengan menggunakan script yang ditunjukkan sebelumnya fungsi shortcut ini dimatikan tanpa mematikan fungsi Ctrl + D (bookmark).

Cara di atas cukup efektif untuk membuat tulisan di website Anda lebih aman dari pencuri. Meskipun masih bisa juga di copy oleh pengguna yang tidak mengaktifkan javascript dalam browsernya, apalagi kode yang digunakan di atas adalah javascript.

Bagi Anda yang benci jika tulisan ataupun konten milik Anda di copy, pastinya ingin tahu bagaimana langkah para pencuri ini melakukan copy text meski konten sudah dikunci. Di bawah ini akan dijelaskan banyak langkah yang mungkin bisa dilakukan untuk copy text meski sudah dikunci.

Cara Copy Text di Web Yang Terproteksi

Bukan hanya satu cara saja untuk copy text di web yang sudah terproteksi bahkan ada banyak cara. Setidaknya Anda harus tahu cara-cara ini supaya bisa melakukan pencegahan lebih dini terhadap copy text dalam konten website Anda :

  1. Menonaktifkan JavaScript

Sudah dijelaskan sebelumnya jika cara non aktif copy text pada website sebelumnya menggunakan kode JavaScript. Disini Anda hanya perlu menonaktifkan JavaScript lewat situs yang dimuat lewat aplikasi browser.

Langkahnya cukup mudah mulai dengan membuka mesin pencarian, klik titik tiga di bagian kanan. Selanjutnya pilih menu privacy and security lalu site settings. Di bagian bawah nantinya akan muncul menu content lalu tinggal pilih JavaScript.

Nantinya akan muncul “Default Behavior” yang mengarah ke pilihan “Don’t Allow Sites To Uses JavaScript”.

  1. Memanfaatkan Situs Proxy

Ada banyak situs website gratisan yang menawarkan proxy gratis. Beberapa situs web proxy akan memberikan penawaran untuk Anda menonaktifkan JavaScript bahkan sebelum mengakses situs website yang ada.

  1. Ubah Situs Web ke PDF

Untuk menjalankannya memang cukup sulit. Anda harus melakukan penyimpanan dokumen html ke PDF. Salah satu yang harus diinstal driver print to PDF seperti yang ada pada PDF Creator. Setelah melakukan penginstalan driver, Anda bisa dengan mudah untuk melakukan pencetakan halaman website ke dalam format PDF. Salin konten dari halaman website tersebut.

Langkah mudahnya Anda bisa langsung tekan Ctrl + P dalam bagian Destination lalu pilih Save to PDF.

  1. Copy Text dari Source Code Website

Jika website tidak menonaktifkan fungsi klik kanan maka Anda bisa copy kode hypertext atau istilahnya HTML. Caranya tinggal klik kanan lalu pilih “View page source “ dengan otomatis nantinya akan muncul halaman dalam tab baru.

Masalahnya terkadang ada website yang sudah menon aktifkan klik kanan. Anda masih bisa menyiasatinya dengan meletakkan URL  berikut yang diikuti dengan URL situs web yaitu view-source:https://example.com/

Tambahan tips jika mungkin Anda ingin mencari tulisan yang dibutuhkan maka bisa menekan tombol Ctrl + F untuk menemukan tulisan yang sesuai dengan keinginan. Setelah berada dalam halaman koden mungkin Anda akan kesulitan mencari kalimat karena menyatu dengan source code.

Misalnya saja Anda ingin mencari kata The browser built by Google. Maka Anda gambaran yang akan Anda temukan di layar akan digambarkan seperti di bawah ini :

Itulah beberapa cara non aktif copy text pada website yang bisa Anda lakukan. Meski sedikit rumit apalagi bagi pemula tapi langkah ini harus tetap dilakukan, mengingat jika pengunjung mudah melakukan copy text pada website Anda, plagiasi akan semakin mudah. Tentu Anda yang akan rugi jika konten Anda di plagiasi.

Leave a Comment