Ini Cara Mudah Mengubah Warna Background Website

Umumnya, website dibangun dengan pemrograman yang simpel dan mudah diubah. Cara ini, telah berlangsung lama hingga era modern memudahkan setiap orang mencari cara mudah mengubah warna background website menggunakan tools yang tersedia.

Saat ini, anda tak perlu menggunakan cara lama untuk mengubah warna background website yang ternyata simpel. Dengan tools yang tersedia dan fitur bawaan website itu sendiri, anda bisa mengubahnya sesuka hati.

Berikut cara mudah mengubah warna background website, seperti apa?

 

Ganti Background Website Menggunakan CSS

Anda yang memiliki website dengan coding, pasti tak asing dengan CSS. Dengan CSS tersebut, background website anda bisa diubah dengan mudah menggunakan codingan berikut :

Body {

Background-color:blue;

}

H1 {

Color: white;

}

Codingan diatas, bisa anda simpan dalam format html dan beri nama background html agar tak lupa jika file tersebut merupakan codingan cara mengubah background website anda.

Mengubah Background Website dengan WordPress

Menggunakan wordpress, anda bisa dengan mudah menemukan cara mengubah background website. Masuk ke menu sebelah kiri dan cari tampilan > sesuaikan lalu pilih CSS tambahan.

Scroll ke bawah dan masukkan kode :

.site {

Background-color: #xxxx;

}

Hastag yang anda masukkan, merupakan kode warna yang bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Pilih publikasikan agar background yang anda pilih terlihat saat website telah di update.

Ganti Background Website Menggunakan Blogspot

Blogspot menjadi website umum yang banyak digunakan selain wordpress, menariknya jika menggunakan blogspot anda bisa menggantinya dengan template bawaan yang bisa anda pilih. Beragam warna dan wallpaper yang ditawarkan, website anda akan terlihat menarik dengan warna sederhana seperti biru, hijau dan sejenisnya.

Ganti Background Website Menggunakan WIX

Cara mudah mengubah warna background website selanjutnya menggunakan WIX, ini merupakan cara cepat untuk anda membuat website secara optimal dan lebih efisien. Dengan WIX, anda bisa menentukan background jingga warna apa saja yang anda inginkan untuk membuat website dengan mudah. Cara ini, bisa anda terapkan ketika anda telah membuat website di WIX.

Pilih bagian edit, lalu dilanjutkan dengan proses editing. Jika ingin melihat template yang anda ganti, klik preview untuk melihatnya. Ada juga, fitur dashboard editing dimana anda akan ditujukan pada tampilan website yang bisa anda pilih. Dengan WIX, tampilan yang anda inginkan akan sangat mudah digunakan.

Hanya drag dan drop, anda bisa memilih komponen website sesuai dengan kebutuhan anda. Tulisan maupun elemen lain, juga bisa anda sesuaikan dengan mudah melalui WIX.

Lalu, Apa Pentingnya Background Website Saat Ini?

Website menjadi komponen penting di era digital untuk menggali informasi lebih dalam mengenai suatu hal. Dengan website, apa yang anda cari akan tersedia dengan berbagai tools dan mesin pencari seperti Google dan Bing. Namun, apakah anda tahu apa kegunaan template pada website?

Selain menarik perhatian pengunjung dan website terlihat rapi, template berguna untuk memposting halaman artikel agar terlihat lebih rapi dan nyaman dibaca. Dengan postingan yang rapi dan website yang simpel, maka pengunjung akan betah berlama-lama membaca artikel anda. Disisi lain, menu navigasi yang ada pada website, juga memudahkan pengunjung menemukan apa yang mereka cari.

Warna background atau template yang cerah, menandakan jika website anda terlihat friendly dan nyaman untuk dikunjungi. Perpaduan warna tersebut, membuat website terlihat menarik dengan elemen-elemen yang bagus serta dipadukan dengan beragam informasi di dalamnya.

Sementara itu, sidebar juga berperan penting bagi website. Adanya sidebar, website akan sejajar dengan tampilan warna yang cerah dan dinamis. Dengan membuat website terlihat simpel, pengunjung akan betah berlama-lama membaca blog maupun mengulik isi situs anda.

Website anda juga tak memerlukan embel-embel seperti gambar abstrak dan banyak sidebar atau footer yang tak berguna. Adanya template website yang tersedia maupun anda buat sendiri, website perlu terlihat menarik dengan footer, header maupun sidebar yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Penggunaan javascript dan CSS dalam website perlu diminimalisir agar loading website tidak berat dan mudah dijangkau oleh semua orang. Faktor tersebut, bisa saja mempengaruhi pengunjung yang datang untuk mencari informasi yang mereka butuhkan dalam blog anda.

Selain itu, SEO yang anda terapkan juga perlu riset mendalam agar artikel-artikel yang anda buat tak hanya sesuai dengan apa yang pengunjung cari namun menjawab semua pertanyaan pengunjung.

Apa Bedanya Background Website Custom dengan menggunakan Template?

1. Website Custom

Website custom, umumnya merupakan halaman situs web yang anda buat dari awal sehingga prosesnya dikerjakan secara manual dan berbeda dengan website template. Custom background website ini, dikhususkan untuk bisnis dan dirancang sesuai dengan keinginan klien.

Anda perlu merancang background website dengan arahan klien dan memilih warna sesuai kebutuhan website itu sendiri. Website custom, umumnya lebih fleksibel dan mudah digunakan. Namun, custom website memiliki kekurangan yaitu perlu menyewa desainer website untuk membuat web khusus yang optimal.

Prosesnya yang rumit, juga merepotkan klien dan memerlukan anggaran cukup besar untuk menyewa desainer menjadi faktor yang perlu dipertimbangkan.

2. Website Template

Jika menggunakan website template, anda hanya memodifikasi bagian yang diperlukan dan membuang bagian-bagian yang tak dibutuhkan dalam perancangan website. Dengan template, website akan lebih cepat sehingga waktu dan biaya yang anda keluarkan akan lebih sedikit dibanding membuat website custom.

Dengan template, website bisa lebih cepat dan terjangkau. Banyak fitur unggulan yang bisa anda gunakan untuk menunjang produktivitas anda. Cara mudah mengubah background website dengan template ini, menggunakan berbagai cara salah satunya WIX, Blogspot maupun WordPress yang menyediakan template gratis dan premium.

Pilihan premium dan gratis, menjadi referensi untuk mengganti background website yang anda suka maupun sesuai dengan keinginan klien. Website e-commerce, umumnya menggunakan template website yang menarik dengan warna yang tak terlalu nyentrik. Hal itu bertujuan, agar pembeli merasa nyaman saat melihat maupun memesan apa yang mereka butuhkan dalam website.

Website pribadi maupun website klien, akan berbeda pembuatannya sehingga anda perlu memperhatikan background maupun elemen-elemen website yang ingin anda bangun. Dengan itu, anda bisa memilih website custom dan template sesuai dengan anggaran dan waktu yang telah ditentukan.

Pada dasarnya, website custom dan template sama saja. Namun, yang membedakan adalah biaya, waktu dan branding website untuk keperluan klien dan pribadi. Pemilihan background website yang tepat, akan memudahkan anda memilih komponen serta warna website yang menarik dengan harga yang terjangkau.

Itulah beberapa cara mudah mengubah warna background website sesuai dengan kebutuhan. Tak heran, jika komponen website juga mempengaruhi branding hingga SEO untuk meningkatkan traffic. Dengan pemilihan template yang tepat dan kegunaan elemen dasar pada website, membuat anda perlu memahami pentingnya background pada website untuk kebutuhan bisnis maupun pribadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.