Home » Berita Terbaru Seputar Teknologi, Otomotif Dan Investasi » Simak Cara Membuat Background Website Menjadi Fullscreen Dengan CSS!
Advertisements

Simak Cara Membuat Background Website Menjadi Fullscreen Dengan CSS!

admin January 19, 2022
Advertisements

Tampilan website sangatlah penting. Banyak bisnis yang memakai promosi di websitenya selalu mempertimbangkan poin ini. Berbicara ketertarikan, 38% pengguna internet, akan melakukan kunjungan ulang di website, karena melihat desain web yang menarik. Untuk itu supaya tampilan web semakin bagus, berikut cara membuat background website menjadi full screen dengan CSS!

Hal tersebut juga sejalan dengan potensi peningkatan jumlah pengunjung untuk website Anda. Apalagi isi web merupakan pengenalan produk usaha yang Anda miliki. Dari sebuah tampilan web, akan menentukan suatu perkembangan bisnis yang sedang jalankan. Tentunya, untuk menampilkan daya tarik bagi pelanggan, harus ada visualisasi yang efektif bagi mereka.

Muatan dalam web tentu saja berisi informasi produk yang dibutuhkan oleh pelanggan. Dan cara ini bisa Anda lakukan dengan memperbesar tampilan web. Sebuah frasa ‘an image worth a thousand word’ menjadi bukti efektivitas serta kesederhanaan dalam tampilan web, yang cukup digemari oleh pengguna internet.

Menampilkan homepage besar yang disertai dengan foto fullscreen membuat tampilan web semakin menarik bagi pengunjung. Pun esensi yang hendak dicapai akan terlaksana, yakni memberikan fokus informasi atas apa yang akan didapatkan pengunjung. Sehingga tampilan web dengan background fullscreen lebih efektif, untuk menyampaikan pesan atas fungsi, misi, dan barang yang Anda perjualkan.

Untuk penjelasan lebih lanjut, tentang cara membuat background website menjadi fullscreen dengan CSS, silahkan baca ulasan ini hingga selesai, agar Anda mendapatkan keseluruhan insight-nya!

Menentukan Gambar Untuk Background Fullscreen

Memanfaatkan gambar sebagai homepage besar, sebenarnya sudah bisa dilakukan sejak dulu. Hanya saja fungsi pemakaiannya baru disadari oleh web designer akhir-akhir ini. Perubahan ini menjadi transisi, dari tampilan wrapper yang dulunya menggunakan fixed width, menjadi pengoptimalan ruang web dengan pemasangan background image.

Untuk membuat background dengan gambar secara full screen, tentu ada hal yang perlu diperhatikan. Karena bisa saja terdapat masalah saat ditampilkan pada web nantinya. Seperti yang Anda tahu, layar device setiap pengguna internet berbeda-beda. Sehingga gambar yang muncul pada background juga akan menyesuaikan ukuran device setiap orang.

Memasang gambar pada background web, tentu diharapkan memberikan tampilan yang menarik dan membangkitkan minat pengunjung untuk melakukan action atas informasi yang disediakan. Jangan sampai tampilan web yang kurang bagus menghambat traffic web Anda semakin meningkat.

Oleh karena itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan gambar background fullscreen. Hal ini didasarkan pada pemilihan gambar, yang dapat benar-benar menutupi layar device, tanpa ada whitespace sedikitpun. Beberapa ketentuan gambar untuk background layar web, antara lain.

  • Pilih gambar yang sepenuhnya dapat menutupi writespace pada web.
  • Pilih gambar dengan skala spesifik untuk mengikuti ukuran layar device
  • Jangan mengubah proporsi (ratio) gambar
  • Pastikan gambar terletak di tengah-tengah layar
  • Patikan untuk menggunakan cross browser compatible
  • Tampilan gambar jangan sampai scrollbar

Setelah Anda mengetahui ketentuan gambar yang digunakan untuk tampilan background layar web, Anda dapat mempraktekkannya sekarang juga. Namun sebelum itu, perlu Anda menyimak ulasan dalam artikel ini tentang cara membuat background website menjadi fullscreen dengan CSS. Baca hingga selesai pembahasan ini, agar Anda dapat menerapkan cara tersebut di tampilan web Anda!

Persiapan Sebelum Melakukan Desain Web

Setelah Anda mengetahui gambar yang sesuai untuk diterapkan dalam layar web, serta memahami bagaimana manfaat menggunakannya. Sekarang Anda perlu tahu, persiapan-persiapan yang hendaknya dilakukan sebelum proses desain web.

Kesalahan yang umum terjadi oleh kebanyakan orang adalah langsung membuat desain web tanpa adanya persiapan. Tentu cara ini tidaklah efektif. Karena saat desain web Anda sudah selesai, kemudian ditemukan detail yang kurang sesuai, pastinya proses pengerjaan desain web akan kembali ke tahap awal.

Oleh karena itu Anda perlu mempersiapkan segala kebutuhan yang akan ditampilkan dalam web. Jangan sampai informasi tentang detail barang dan lainnya, tidak tercantum dalam web. Untuk langkah awal membuat tampilan web, 15 poin berikut dapat Anda siapkan terlebih dahulu.

(1) Menentukan tujuan, (2) menentukan platform, (3) mengamati trend desain web terbaru, (4) belajar tentang desain web kompetitor, (5) merancang layout, (6) memperhatikan hirarki visual, (7) memberi ruang kosong, (8) merancang navigasi, (9) menentukan grid/kolom, (10) pemilihan warna, (11) pemilihan font, (12) menggunakan gambar terbaik, (13) membuat prototype, (14) melakukan pengujian, (15) launch website.

Cara Pengujian Dari Perbedaan ID dan Class pada HTML

Membuat tampilan web dengan memasang background secara full screen tentu mudah dilakukan, jika Nada memahami kode CSS dasar. Seperti yang Anda tahu, bahwa CSS memiliki beragam kode untuk memberikan tampilan web lebih menarik dan enak dipandang mata.

Tanpa berlama-lama lagi, berikut cara menerapkan tampilan web dengan background fullscreen.

1.    Membuat file HTML dan Menentukan Gambar

Gambar yang Anda pilih perlu sesuai dengan poin yang telah disampaikan sebelumnya. Pilih gambar dengan posisi landscape, agar mudah mengikuti format web browser.

2.    Meletakkan file HTML dan Gambar Pada Satu Folder

Jadikan file yang Anda tulis tadi dengan gambar yang telah ditentukan. Langkah ini penting, supaya pembuatan tampilan web semakin cepat dan efektif.

3.    Tulislah Kode HTML

Ketikan kode-kode HTML seperti tampilan berikut:

4.    Ketik Kode CSS

Lalu, ketikan kode-kode CSS pada tag seperti gambar berikut.

5.    Berikut Kode Lengkapnya

6.    Sehingga Tampilan Browser Akan Seperti Ini

Di atas merupakan cara membuat background pada layar web menjadi fullscreen. Untuk penjelasan kode CSS yang digunakan akan dijelaskan sebagai berikut.

  1. Untuk background image dengan kode , yakni sebagai pemanggilan file gambar yang sudah disiapkan.
  2. Background repeat dengan kode , yakni agar gambar pada background tidak diulang jika ukurannya kecil.
  3. Background size dengan kode , yakni agar file gambar dapat diaplikasikan secara fullscreen.

Nah, di atas merupakan penjelasan tentang cara membuat background website menjadi fullscreen dengan menggunakan CSS. Diartikel ini pula telah disampaikan bagaimana menentukan file gambar yang akan dipasang pada background tampilan web. Ada pula informasi persiapan yang diperlukan sebelum membuat desain web.

Oleh karena itu, dengan adanya ulasan ini Anda dapat menerapkan background full screen untuk tampilan website Anda. Ingat frasa ‘an image worth a thousand word’ menjadi pondasi Anda untuk menerapkan desain tampilan web. Agar pengguna internet terpaku dengan website Anda, hingga melakukan action atas informasi yang ada di website, yuk terapkan cara ini!

 

Leave a Comment