Home » Berita Terbaru Seputar Teknologi, Otomotif Dan Investasi » Inilah Penyebab Kenapa Printer Tidak Bisa Ngeprint Beserta Cara Mengatasinya
Advertisements

Inilah Penyebab Kenapa Printer Tidak Bisa Ngeprint Beserta Cara Mengatasinya

admin February 15, 2022
Advertisements

Printer menjadi salah satu mesin kantor yang sering dibutuhkan oleh banyak orang. Adanya printer tentu memudahkan pekerjaan karyawan. Namun, terdapat beberapa penyebab kenapa printer tidak bisa ngeprint yang perlu diketahui. Dengan mengetahui penyebab ini akan sangat membantu untuk mengatasi permasalahan yang sering dialami banyak karyawan.

Nah, terdapat beberapa alasan printer gagal menjalankan fungsinya dengan baik. Penyebab ini berasal dari beberapa hal mulai dari device komputer hingga printer itu sendiri. Berikut beberapa penyebab sebuah printer tidak bisa ngeprint:

1. Posisi Cartridge yang Tidak Tepat

Sebelum memulai mencetak dokumen pastikan posisi cartridge telah tepat. Baca panduan untuk memahami posisi cartridge yang tepat. Pastikan juga lampu indikator menyala hijau. Hal ini menandakan bahwa printer siap untuk digunakan. Selain indikator power terdapat juga indikator tinta dan indikator kertas.

2. Terdapat Kertas yang Tersangkut

Printer akan macet saat terdapat kertas yang menumpuk di dalamnya. Pastikan tidak terdapat tumpukan di jalan keluar kertas. Untuk memastikan tidak ada kertas yang tersangkut dapat dilakukan dengan cara self print test. Cara ini dapat dilakukan secara langsung dengan menekan tombol “copy” pada printer. Percobaan ini akan membantu untuk melihat apakah printer sudah bisa ngeprint atau belum.

3. Gagal Menginstal Device

Hal ini sering dialami oleh banyak pengguna. Saat menginstal device belum berhasil secara sempurna. Pastikan device telah terinstall secara penuh di komputer. Kegagalan instalasi device printer menjadi penyebab utama kenapa printer tidak bisa ngeprint. Jika perlu lakukan instalasi ulang pada driver printer.

4. Roll Penarik Kertas Rusak

Kertas tidak dapat ditarik oleh roll penarik yang rusak. Hal ini menyebabkan printer tidak merespon perintah untuk mencetak dokumen. Jika roll rusak, maka diperlukan penggantian roll akan kertas dapat ditarik untuk mencetak dokumen.

5. Kabel USB Tidak Terhubung

Printer biasanya terhubung dengan kabel USB Port. Sehingga pastikan kabel tersebut telah tertancap di komputer. Bada pengaturan printing, pastikan juga bahwa printer yang akan digunakan telah aktif dan siap untuk mencetak dokumen. Jika printer tidak dapat aktif, segera lakukan instalasi ulang device printer yang digunakan.

6. Print Queue Penuh

Melakukan pencetakan dokumen pada jumlah banyak menyebabkan print queue menjadi penuh. Untuk itu jika terdapat kendala pada pencetakan dokumen, bisa diatasi dengan mengosongkan print queue. Untuk dapat mengosongkan print queue, pengguna hanya perlu menekan windows + R.

Setelah itu akan muncul Service.Msc dan perlu di klik Ok. Pada bagian Tab Service terdapat menu Print Spooler. Pada menu tersebut pengguna dapat mengklik kanan dan pilih opsi bertuliskan stop.

Berikut Cara Mengatasi Printer Tidak Bisa Ngeprint

Setelah mengetahui berbagai penyebab kenapa printer gagal untuk mencetak dokumen, berikut cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya. Cara ini dapat menjadi alternatif untuk memperbaiki printer yang tidak bisa ngeprint, diantaranya:

  • Cek kondisi printer. Hal pertama yang harus dilakukan akan mengecek kondisi printer.
  • Lakukan self print test. Lakukan percobaan untuk mencetak dokumen pada printer yang sudah menyala.
  • Kosongkan print queue. Print queue yang penuh menjadi salah satu penyebab kenapa printer tidak bisa ngeprint. Langkah ini akan menghapus tumpukan antrian cetak dokumen yang sebelumnya telah dilakukan.
  • Cek kondisi komputer. Selain memastikan kondisi printer siap untuk digunakan, pengguna perlu melakukan pengecekan pada komputer yang digunakan.

Demikian penyebab kenapa printer tidak bisa ngeprint dan cara mengatasinya. Langkah-langkah di atas dapat menjadi alternatif untuk para karyawan dalam menyelesaikan masalah printer dan tentunya tidak perlu bingung lagi.

 

Leave a Comment